7 Tips Merenovasi Rumah Sempit agar Jadi Lebih Luas

Seiring bertambahnya anggota keluarga, rumah yang berukuran mungil tentu terasa makin sempit untuk ditinggali. Jika sudah begini, kenyamanan sehari-hari tentu akan bisa jadi terganggu. Memakai jasa renovasi rumah merupakan salah satu solusi utama agar rumah mungil bisa disulap jadi lebih luas. Anda bisa minta tukang renovasi untuk melakukan 7 hal ini agar rumah jadi lebih luas.

1.   Buat Ruangan yang Punya Fungsi Ganda

Sekat-sekat pembatas ruang kadang menjadi salah satu alasan mengapa rumah jadi terasa sempit. Nah, daripada memiliki banyak ruang dengan luas yang tak seberapa, bagaimana jika ruangan tersebut disatukan saja? Misalnya seperti ruang makan yang dilengkapi dengan dapur minimalis. Anda bisa juga menggabungkan ruang keluarga dan ruang tamu jadi satu, agar ruangan jadi lebih luas.

2.   Buat Lemari Penyimpanan di Bawah Tangga

Jika misalnya Anda punya rumah bertingkat, bagian bawah tangga bisa Anda sulap jadi tempat atau lemari penyimpanan. Anda bisa simpan peralatan rumah, buku-buku, sepatu, atau apa pun barangnya, sehingga tak memenuhi tempat lain di sisi rumah. Dengan begini, Anda bisa memanfaatkan spot kosong yang selama ini hanya dihuni oleh jaring laba-laba saja.

3.   Tinggikan Plafon Rumah

Meninggikan plafon rumah bisa membuat rumah jadi terasa lebih luas, loh! Umumnya, ketinggian plafon adalah 2.50 meter, namun Anda bisa meninggikan menjadi 2.75 meter. Selain itu, juga ada opsi lain seperti memasang plafon dengan mengikuti kemiringan atap. Namun jika melakukan ini, pastikan untuk memperhatikan arah radiasi matahari, agar panas dari luar tak masuk ke dalam rumah.

4.   Pilih Cat Rumah yang Berwarna Terang

Cat menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi sudut pandang orang dalam melihat luasnya suatu ruang. Jika ingin rumah Anda terlihat lebih luas, maka pilihlah cat dinding yang berwarna terang, misalnya seperti putih. Selain cat dinding, pilihlah juga pernak-pernik rumah seperti gorden, lemari, dan furnitur lainnya yang berwarna cerah pula, agar rumah makin terasa lega.

5.   Sulap Pagar jadi Taman Kecil di Depan Rumah

Agar bagian depan rumah terlihat lebih lapang, ada baiknya Anda sulap bagian pagar menjadi taman kecil. Selain itu, minta juga penyedia jasa renovasi rumah untuk memajukan teras rumah hingga mencapai batas minimal GSB (Garis Sepadan Bangunan). GSB didapat dengan dari total setengah lebar jalan ditambah 1 meter. Tak hanya lapang, bagian depan rumah juga akan terlihat hijau.

6.   Tiadakan Leveling Lantai

Jika sebelumnya di rumah Anda lantainya memiliki ketinggian yang berbeda sesuai dengan fungsi ruangnya, maka selanjutnya lebih baik ditiadakan saja. Leveling lantai akan memberikan kesan terpotong-potong pada rumah dan membuatnya terasa sempit. Akan jauh lebih baik jika lantai di setiap ruangan memiliki ketinggian yang sama.

7.   Sesuaikan Ukuran Furnitur dengan Luas Ruangan

Terakhir, jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran furnitur dengan luas ruangan. Jangan memaksakan untuk meletakkan furnitur yang besar di ruangan yang tak terlalu luas. Jika Anda membeli furnitur baru, maka pilihlah furnitur yang memiliki desain ramping. Dengan begini, akan semakin banyak ruang yang bisa dihemat di dalam rumah Anda yang baru direnovasi.

Jangan tanggung-tanggung saat memakai jasa renovasi rumah, utarakan langsung ide Anda pada tukangnya agar rumah mungil Anda bisa bertransformasi jadi lebih luas. Anda bisa pedomani 7 tips di atas, agar rumah yang tadinya terkesan sempit, bisa jauh lebih lapang dan lega. Jika rumah sudah jadi lebih luas, beraktivitas di dalamnya pun juga akan jadi lebih nyaman, kan?