Cara Pilih Termometer Bayi Sesuai Kebutuhan agar Tidak Salah Beli

Termometer merupakan salah satu sahabat andalan orangtua. Ada banyak varian dan jenis termometer bayi. Sebagian Anda mungkin masih bingung untuk membelinya, termometer apa yang seharusnya bisa dibawa pulang. Di bawah ini ada informasi mengenai hal itu.

1.  Ukuran, Model dan Harga

Biasanya poin ini menjadi yang pertama. Harga menentukan ukuran dan model. Anda pasti lebih menyukai termometer bayi yang mudah dibawa kemana-mana dan sederhana. Di situs marketplace blibli.com ada banyak pilihan dan variasinya. Termasuk ada yang model anak-anak, jadi anak Anda tidak usah takut lagi dengan benda asing.

Pastikan Anda bisa mengoperasikan termometer itu sendiri walaupun ukuran dan modelnya terbilang cukup unik. Karena nantinya, termometer ini akan dipasangkan atau digunakan pada bagian tubuh tertentu. Anda juga harus memperhatikan kenyamanan anak Anda saat dites suhu tubuhnya.

2. Fungsi 3 in 1

Ada beberapa termometer yang sekarang lebih inovatif. Ada termometer yang bisa digunakan pada beberapa tempat sekaligus. Misalnya Anda ingin memeriksa ketiak anak Anda tapi Anda juga ingin memastikan pada bagian anggota tubuh lain. Nah, termometer jenis ini yang biasanya juga sering diminati. Kendati demikian, Anda harus rajin-rajin membersihkan termometer ini.

Apabila Anda telah menggunakan pada dubur, jangan sampai kotoran yang yang ada di bagian tubuh ini menyebar ke bagian tubuh lain. Begitu juga apabila Anda setelah menggunakan termometer pada ketiak, bersihkan dulu dengan lap basah yang sudah Anda tambahkan cairan antiseptik sebelum Anda masukkan pada mulut. Jangan sampai niat hati hanya untuk mengecek suhu tubuh, malah semakin memberikan efek yang tidak baik.

3.   Tempat Wadah atau Selubung Termometer

Poin ini juga mempengaruhi penggunaan termometer. Karena, selain aplikasinya pada bagian anggota tubuh yang nyaman, serta apabila Anda sudah memakainya, pasti akan menyimpannya. Sehingga, termometer yang sudah dipakai sekalipun masih terjaga kebersihannya saat dipakai selanjutnya. Jangan lupa untuk menaruh termometer pada tempat yang aman.

4.   Kecepatan Waktu dan Tingkat Keakuratan

Tujuan utama ini yang paling berarti. Saat Anda memilih dan membeli, pastikan bahwa termometer yang akan Anda miliki nantinya memiliki kecepatan waktu merespon dengan cepat. Anda bisa menanyakan kepada petugas apotek mengenai tingkat keakuratan yang dimiliki oleh termometer tersebut. Anda juga bisa menanyakan sinyal terkait dengan pembacaan suhu yang telah selesai.

Selain itu, apabila Anda menggunakan termometer untuk dubur, tanyakan pula apakah ada indikator khusus atau pemasangan untuk dubur. Anda juga perlu tahu satuan suhu apa yang digunakan oleh termometer tersebut. Karena ada termometer yang memakai satuan Fahrenheit atau Celcius bahkan ada pula yang menggunakan 2 satuan suhu sekaligus dalam satu termometer.

5.  Keamanan dan Kekuatan

Pastikan juga Anda memilih termometer dengan durabilitas atau kekuatan produk bisa bertahan serta aman. Aman saat dipakai bahkan aman saat sudah tak terpakai. Hal ini sebagai antisipasi bahwasannya dalam penggunaan termometer Anda tidak sengaja menjatuhkannya. Apakah termometer itu masih bisa dipakai? Jika Anda menggunakan termometer yang memiliki teknologi sinar infra merah, apakah juga bisa dipastikan tidak ada efek negatifnya?

Demikian informasi mengenai indikator pemilihan termometer bayi yang bisa Anda pertimbangkan. Apapun pilihan Anda, Anda harus memastikan bahwa penggunaan termometer harus steril. Terlebih lagi saat hendak dipakai, Anda harus mengecek kehigienisannya. Apabila Anda acuh, penyebaran kuman, bakteri bahkan virus bisa saja menular dari orang yang satu dengan lainnya.