7 Resep Unik Yang Dapat Membuatmu Jadi Orang Sabar Di Situasi Buruk

Dunia sekarang semakin ‘panas’, menciptakan insan rawan stress alasannya diterpa ujian hidup. Seseorang yang tidak sanggup mengolah emosinya dengan baik, cenderung lebih cepat murka sehingga berdampak jelek bagi kesehatan fisik dan ruhaninya. Kalau kau termasuk orang yang sering mengalami stress alasannya studi maupun pekerjaan, tampaknya kau perlu merampungkan artikel dari Izwie berikut ini.

Situasi yang jelek seringkali tiba tanpa diminta. Kita hanya sanggup menghadapinya dengan perilaku yang positif, supaya kita tidak ikut menjadi ‘panas’ ketika situasi jelek memuncak. Bersikap kalem akan membuatmu lebih baik dan tidak memperburuk keadaan. Pernah dengar slogan: Kalem aja, lanjut terus? Eit, bukan mau beriklan ya. Namun ada benarnya juga slogan tersebut ketika kita menghadapi situasi sulit dalam kehidupan kita sehari-hari.

Nah, untuk membantumu biar sanggup menjadi orang kalem ketika menghadapi keadaan buruk, simaklah 7 resep aneh dari Izwie berikut ini. Coba praktekkan, dan rasakan perubahan yang kau alami sehabis melakukannya. Yuk!

1. Tarik Nafas Dalam-dalam, Hembuskan Perlahan

Tips pertama ini memang sudah umum, namun tidak ada salahnya kau mencoba tips dasar ini. Menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya perlahan akan mengalirkan oksigen ke otak dan jantung sehingga sanggup menurunkan detak jantungmu yang sedang tidak stabil ketika emosi. Ulangi 3-6 kali sampai kau merasa damai dan sanggup berbicara dengan kepala dingin.

2. Ucapkan Istighfar (Bagi Muslim) dan Sebut Nama Tuhanmu dengan Lisan dan Hati

“Astaghfirullahal’adzim…” yakni kalimat nyata yang secara aneh akan membuatmu merasa tenang. Mengucap istighfar berarti kau memohon ampun pada Allah Swt atas kesalahan yang mungkin kau perbuat. Sebutlah nama Tuhan berulangkali, biar kau menerima perlindungan-Nya dari hal jelek yang akan menimpamu.

3. Basuhlah Muka, Lawan Api Emosi dengan Air

Membasuh muka atau berwudhu (bagi Muslim) yakni cara ampuh biar pikiranmu segar dan jernih. Air akan meresap di wajahmu dan menawarkan efek hambar untuk meredam kemarahan dan kegundahanmu.

4. Ubah Posisimu! Bila Berdiri Duduklah, Bila Duduk Berbaringlah

Cara ini sanggup membuatmu lebih rileks alasannya darah di kepala sanggup turun, sehingga tingkat emosi menjadi stabil. Mengubah posisi duduk sanggup mempercepat proses penenangan diri.

5. Pikirkan Hal-hal Positif yang Dapat Membuatmu Tenang

Bayangkan hal yang sanggup membuatmu senang, sehingga energi nyata sanggup mendominasi pikiranmu. Pikiran yang nyata sanggup mengubah keadaaan sekitar juga ikut positif, kau juga akan nampak damai dan kalem bila pikiranmu tenang.

6. Tersenyumlah!

Senyuman yakni keajaiban yang sanggup mengubah situasi jelek menjadi kondusif terkendali. Tentunya, jaga perasaan orang lain sehingga kau tidak terkesan sedang mengejek orang atau tersenyum di ketika yang tepat. Gunakan senyum bila memungkinkan untuk memperbaiki situasi yang kau hadapi.

7. Kerjakan Perlahan, Jangan Tergesa-gesa!

Jika kau sudah sanggup mengendalikan diri, kerjakanlah hal yang perlu di selesaikan untuk mengubah keadaan yang lebih baik secara perlahan. Jangan pernah tergesa-gesa biar kesudahannya lebih optimal. Tergesa-gesa hanya akan membuatmu panik dan bingung, sehingga bukannya tamat pekerjaanmu justru akan berantakan.

Itulah 7 cara dari Izwie yang sanggup mengubahmu jadi orang kalem seburuk apapun situasi yang kau hadapi. Praktis bukan? Janganlah terbawa emosi, alasannya hal itu sudah tentu tidak baik bagi dirimu dan orang-orang yang ada di sekitarmu. Berikan efek nyata yang sanggup mendatangkan kebaikan bagi sekitar. Okey?